SALAM PEMBUKA

SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI MTs KMI TANJUNGSARI

Blog ini dibuat sebagai Media Informasi bagi Guru, Peserta Didik, Orang Tua, dan Masyarakat.
Beberapa Informasi Penting yang berkaitan dengan aktivitas Madrasah kami muat di dalam Blog ini.

Minggu, 20 Desember 2009

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

DAFTAR KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
MTs KMI TANJUNGSARI KECAMATAN SUKAHAJI
TAHUN PELJARAN 2009/2010



A. KEGIATAN EKSTRAKURIKULER WAJIB

1. Keagamaan
Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan diadakan bertujuan untuk membekali peserta didik MTs KMI Tanjungsari dengan berbagai keterampilan diantaranya : Dapat dengan benar baca tulis Al-Qur'an, Hafal Juz Amma, Qosidah Rebana, dan Tim Shalawat Rebana. Kegiatan ini wajib diikuti oleh semua siswa dari mulai kelas VII sampai dengan kelas IX. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini diasuh oleh 3 orang Ustad yaitu : Usd. Opan Achmad Fanani, S.Pd.I, Ustd. Jamal Abdul Nasir, S.Ag, dan Ustad Muhammad Saeful Ulum.

2. Pramuka
Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka bertujuan untuk menjadikan siswa MTs KMI Tanjungsari menjadi kader-kader pembangunan yang memiliki jiwa kemandirian, bertaqwa, dan memiliki budi pekerti yang luhur, tinggi moral dan keterampilan. Kegiatan Ekstra ini dibina oleh Uci Sanusi, A.Md sebagai pembina Gugus Depan.

B. KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PILHAN

Ada beberapa jenis ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh MTs KMI Tanjungsari diantaranya :
1. Palang Merah Remaja (PMR)
Ekstra ini membekali siswa dalam bidang kesehatan, khususnya penanganan PPPK (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan), PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat), dan Usaha Kesehatan Sekolah. Anggota PMR telah dibiasakan untuk senantiasa hidup bersih dan hidup sehat. Selama kegiatan berlangsung diasuh oleh Asep Awaludin, S.Ag.
2, Patroli Keamanan Sekolah (PKS)
PKS dilaksanakan untuk membekali siswa dengan keterampilan pengaturan lalu lintas dan kedisiplinan. PKS ini diasuh oleh Asep Awaludin, S.Ag sebagai pembinanya dan berada dibawah pengawasan Polsek Sukahaji dan Polres Majalengka.
3. Karya Ilmiah Remaja (KIR)
Untuk membekali siswa dalam pendalaman materi pelajaran diselenggarakan ekstra KIR berupa : KIR Bahasa Inggris, KIR Bahasa Arab, KIR Matemaika, KIR IPA, dan KIR Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tampil sebagai pemateri adalah : Ina Marlina, S.Pd.I (Pembina KIR Bahasa Inggris), Jamal A.Nasir, S.Ag (Pembina KIR Bhs. Arab), Mei Lia, S.Pd.I (Pembina KIR Matematika), Ir.Suparman, S.Pd.I dan Nia Kurnia, S.Pd (Pembina KIR IPA), dan Uci Sanusi, A.Md (Pembina KIR TIK).
4. Olahraga Bola Volley dan Sepakbola.
Bagi siswa yang hobi dibidang olahraga, disediakan dua pilihan esktra olahraga berupa Bola Volley dan Sepakbola. Kegiatan Olahraga dibimbing oleh Muanas, A.Ma Selaku Pembina Olahraga MTs KMI Tanjungsari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar